Senin, 08 Maret 2010

OS Android Kian Meraksasa

Detikinet - Jakarta - Persaingan di pasar sistem operasi smartphone kian sengit. Diprediksikan OS besutan Google, Android bakal semakin bertenaga.

Meningkatnya kekuatan OS Android ini terbaca dari prediksi pasar smartphone 2009-2015 yang dikeluarkan perusahaan konsultan dan survey, Ovum.

Alasan mengapa Android akan semakin berjaya adalah karena semakin banyak pabrikan smartphone yang mencoba menekan biaya produksi mereka. Android menjadi salah satu alternatif untuk mewujudkan hal tersebut. Alhasil, semakin banyak produsen ponsel yang melirik Android.

Saat ini yang mendominasi pasar adalah OS Symbian dengan pencapaian pangsa pasar sebesar 48 persen. Ini berarti terjadi penurunan dari 58 persen di 2008.

Walaupun Ovum memprediksi pengapalan Symbian akan mencapai 168 juta unit di tahun 2015, jumlah pangsa pasarnya akan terus terkikis sampai ke kisaran 30 persen. Penyebabnya adalah karena adanya pertumbuhan adopsi OS Android.

Ovum memprediksikan pengapalan Android akan mencapai 110,8 juta di tahun 2015 dan diperkirakan OS ini akan melampaui pengapalan Windows Mobile di 2014.

0 komentar: